INFORMASI BATIK (Batik, batik fabric, batik art, batik supplies, batik plus, batik clothing, batik font, batiking, batik dresses)

Kata batik dianggap berasal dari kata ‘ambatik ‘ yang diterjemahkan kain berarti ‘dengan titik-titik kecil’. Akhiran ‘tik ‘ berarti titik kecil, drop, titik atau membuat titik. Batik juga dapat berasal dari kata Jawa ‘tritik ‘ yang menjelaskan proses menolak untuk mati di mana pola disediakan pada tekstil dengan mengikat dan menjahit area sebelum mati, mirip dengan teknik tie dye. Fase lain bahasa Jawa untuk pengalaman mistik pembuatan batik adalah “mbatik manah” yang berarti ” menggambar desain batik pada jantung “.

Sejarah Singkat

Meskipun para ahli berselisih pendapat dalam menentukan secara tepat asal-usul batik, tetapi melalui contoh pola resistansi pewarna pada kain dapat ditelusuri kembali 1500 tahun yang lalu ke Mesir dan Timur Tengah. Sampel juga telah ditemukan di Turki, India, Cina, Jepang dan Afrika Barat dari abad yang lalu. Meskipun orang-orang di negara-negara ini menggunakan teknik penwarnaan/pencelupan, untuk mewarnai dalam bidang tekstil, sekarang ini tidak ada negara yang telah mengembangkan batik sedemikian rupa sampai kepada bentuk seni yang berkembang rumit seperti yang ditemukan di Pulau Jawa di Indonesia.Meskipun ada yang menyebutkan ‘kain sangat dihiasi‘ di transkrip Belanda dari abad ke-17, kebanyakan ahli percaya bahwa desain batik Jawa yang rumit hanya akan mungkin terjadi setelah terjadi impor tenunan kain halus, yang pertama kali diimpor ke Indonesia dari India sekitar 1800-an dan sesudahnya dari Eropa awal tahun 1815. Pola tekstil dapat dilihat pada patung-patung batu yang diukir di dinding-dinding candi Jawa kuno seperti Prambanan (AD 800), namun tidak ada bukti yang meyakinkan bahwa itu adalah kain batik. Ini mungkin bisa menjadi pola yang dihasilkan dengan teknik menenun dan bukan pewarnaan. Yang jelas adalah bahwa dalam abad ke-19 batik menjadi sangat maju dan sangat tertanam dalam kehidupan budaya Jawa. Beberapa ahli merasa bahwa batik pada awalnya disediakan sebagai bentuk seni untuk keluarga raja Jawa. Dapat dipastikan bahwa pola-pola tertentu jelas mengandung ciri-ciri kerajaan yang disediakan hanya untuk dipakai oleh keluarga dari istana Sultan. Putri dan perempuan bangsawan mungkin telah memberikan inspirasi untuk desain halus arti yang sangat jelas dalam pola-pola tradisional. Meskipun kemungkinan besar mereka terlibat tidak lebih dari penorehan lilin pertama. Kemungkinan besar, pekerjaan yang kotor seperti pencelupan dan pelapisan malam/lilin selanjutnya diserahkan pada pengrajin istana yang akan bekerja di bawah pengawasan mereka. Kerajaan Jawa dikenal sebagai pelindung besar seni dan memberikan dukungan yang diperlukan untuk mengembangkan berbagai bentuk seni, seperti ornamen perak, wayang kulit (wayang kulit) dan gamelan orkestra. Dalam beberapa kasus, bentuk keseniannya saling tumpang tindih. Dalang Jawa tidak hanya bertanggung jawab atas boneka wayang (wayang kulit) tetapi juga sumber penting untuk pola batik. Boneka wayang biasanya terbuat dari kulit kambing, yang kemudian dilubangi dan dicat untuk menciptakan ilusi pakaian boneka. Boneka bekas sering dijual kepada wanita yang ingin menggunakan boneka sebagai pemandu bagi pola batik mereka. Mereka akan meniupkan arang melalui lubang untuk mendapatkan pola pakaian di boneka, untuk menyalin desain yang rumit ke kain. Sebagian ahli tidak setuju jika batik dikatakan hanya disediakan sebagai bentuk seni untuk keluarga raja, karena mereka juga merasa penggunaannya juga terjadi dengan rakyat jelata secara umum. Karena ada anggapan ini merupakan bagian penting dari prestasi wanita muda yang ia mampu menangani canting ( alat seperti pena yang digunakan untuk menggoreskan lilin/malam pada kain) dengan jumlah yang wajar keterampilan, tentu sama pentingnya dengan masakan dan seni rumah tangga lainnya untuk perempuan Jawa Tengah.

Seleksi dan Penyusunan Kain untuk Batik

Bahan alami seperti katun atau sutera digunakan untuk kain batik, sehingga dapat menyerap lilin yang diterapkan/ditorehkankan dalam proses melindungi pewarnaannya. Kain harus padat tenunan. Hal yang penting adalah kain kualitas tinggi yang padat tenunan sehingga kualitas desain batik yang rumit dapat dipertahankan. Kain yang digunakan untuk batik dicuci dan direbus dalam air beberapa kali sebelum penerapan lilin sehingga semua jejak/bekas pati, kapur, kapur dan bahan perekat lainnya dihapus. Sebelum adanya pelaksanaan teknik-teknik modern sekarang ini, dulunya kain akan telah ditumbuk dengan palu kayu atau disetrika agar halus dan lentur sehingga bisa menerima desain lilin dengan baik. Sebaliknya saat ini dengan mesin buatan katun halus tersedia sekarang, proses penumbukkan dan penyetrikaan dapat diabaikan. Biasanya orang melakukan langkah ini dalam proses pembuatan batik. Standar industri yang ketat membedakan kualitas yang berbeda dari kain yang digunakan saat ini, yang meliputi Primissima (yang terbaik) dan Prima. Kualitas kain yang sering ditulis di tepi desain. Sebuah kain kualitas lebih rendah yang sering digunakan juga adalah blaco.

shareinvisible

Comments are closed.

%d bloggers like this: